Sebelum mempelajari sistem reproduksi kamu pahami dulu materi tentang tujuan pembelahan sel (pembelahan mitosis dan meiosis) Pada awalnya manusia berasal dari satu sel. Karena sel tersebut mengalami pembelahan, maka jumlah sel manusia pada saat dewasa sekitar 200 triliun. Nah, dapatkah kamu menyebutkan tujuan sel membelah?

Secara umum ada 3 tujuan dari pembelahan sel :

  • pertumbuhan,
  • perbaikan, dan
  • reproduksi.

Berikut ini akan dijelaskan masing-masing tujuan sel mengalami pembelahan.

  • tujuan pertama sel mengalami pembelahan adalah untuk pertumbuhan. Mahluk hidup dapat tumbuh karena sel-selnya bertambah banyak. Semakin banyak sel dalam suatu makhluk hidup maka semakin besar ukuran mahkluk hidup itu.
  • tujuan selanjutnya adalah untuk perbaikan. Pada bagian tubuhmu yang mengalami luka tersebut terjadi kerusakan jaringan. Nah, perbaikan jaringan yang rusak pada tubuhmu tersebut adalah hasil dari proses pembelahan sel.
  • tujuan terakhir sel mengalami pembelahan adalah untuk reproduksi. Reproduksi atau perkembangbiakan adalah ciri lain dari makhluk hidup. Pada proses reproduksi seksual, diperlukan sel kelamin untuk membentuk individu baru (anakan). Proses pembentukan sel kelamin ini dilakukan dengan cara pembelahan sel

Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan meiosis.

  • Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk hidup. Pada pembelahan ini, dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom yang jumlahnya sama dengan kromosom sel induk.
  • Pembelahan secara meiosis hanya terjadi pada organ kelamin. Pembelahan ini berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur dan sel sperma). Melalui pembelahan ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom setengah dari kromosom sel induk.

Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Sel anakan tersebut mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n). Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh, oleh karena itu tujuan dari pembelahan mitosis adalah

  • memperbaiki jaringan yang telah rusak
  • menambah jumllah sel untuk menunjang petumbuhan
  • mengganti sel-sel yang mati akibat penuaan
  • membentuk sel-sel baru yang lebih muda

Pembelahan mitosis merupakan proses yang berkesinambungan yang terdiri atas empat fase pembelahan, berikut ini tahapan pembelahan mitosis secara berurutan profase, metafase, anafase, dan telofase. Untuk lebih jelas mengenai proses yang terjadi tiap tahapannya bisa dilihat dari gambar pembelahan mitosis berikut ini.

Pembelahan Mitosis

Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk. Dapat dikatakan bahwa jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut dengan haploid. Oleh karena itu, meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi. Berikut gambar pembelahan meiosis

Pembelahan Meiosis

Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam, SMP/MTs Kelas IX Semester 1 Edisi Revisi 2018