Medan magnet bumi adalah daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi. Hewan memanfaatkan medan magnet bumi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi karena di dalam tubuh hewat terdapat magnet. Fenomena tersebut dinamakan biomagnetik. Migrasi adalah perjalanan secara teratur dari satu tempat ke tempat lain selama waktu tertentu. Tujuan hewan melakukan migrasi adalah untuk mendapatkan lebih banyak makanan, tempat yang lebih baik untuk membangun sarang atau lebih banyak sinar matahari ditempat lain. Navigasi atau pandu arah adalah penentuan kedudukan dan arah perjalanan.

Migrasi Burung

Sumber edubio.info

Migrasi burung merupakan pergerakan populasi burung yang terjadi pada waktu tertentu setiap tahun, dari tempat berbiak menuju tempat mencari makan selama iklim di tempatnya tidak memungkinkan. Di tempat baru tersebut, burung-burung ini tidak ada berbiak, dan baru akan berbiak jika sudah kembali ke tempat asal. Burung tersebut menggunakan partikel magnetik yang ada pada tubuhnya untuk menciptakan “peta” navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi.

Migrasi Ikan

Sumber bbc.com

Migrasi Ikan adalah pergerakan perpindahahn dari satu tempat ke tempat yang lain menyesuaikan terhadap kondisi alam untuk eksistensi hidup dan keturunannya. Tujuan ikan melakukan migrasi adalah untuk pemijahan, mencari makanan dan mencari daerah yang cocok untuk kelangsungan hidupnya. Perjalanan ikan salmon sangat sulit karena melawan arus sungai yang menurun. Medan magnet tertentu yang dapat dideteksi oleh ikan salmon.

Penelitian dilakukan terhadap ikan salmon yang melewati Sungai Fraser di Canada dan kembali ke Sungai Fraser setelah dua tahun bermigrasi mengarungi Samudra Pasifik. Hal ini dikarenakan sungai Fraser memiliki medan magnet tertentu yang dapat dideteksi oleh ikan salmon.

Migrasi Penyu

wwf.or.id

Penyu bermigrasi sendiri tanpa mengikuti penyu lain. Penyu dapat melihat petunjuk alam untuk kembali ketempat asalnya. Hasil penelitian bahwa penyu meninggalkan jejak magnetic ketika menetas. Kemudian mereka menggunakan tanda magnetic di sepanjang pantai sebagai informasi ketika ingin kembali ke tanah kelahiran. Penyu mengandalkan medan magnet bumi sebagai alat navigasi di lautan untuk menentukkan arah.

Migrasi Lobster Duri

Sumber steemit.com

Peneliti Kenneth Lohmann juga mengobservasi kemampuan lobster duri untuk mendeteksi medan magnet dengan cara meletakkan lobster duri ke dalam bak air yang dapat diatur medan magnetnya. Setiap kali medan magnet diubah, lobster duri akan menyesuaikan diri untuk tetap bergerak menuju arah kutub utara. Hasil dari observasi tersebut membuktikan bahwa lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas pantai Florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setiap akhir musim gugur.

Magnet dalam Tubuh Bakteri

Bakteri yang mengandung magnet pertama kali ditemukan tahun 1975. Mereka adalah mikroba yang mampu menyesuaikan diri dengan medan magnet karena memiliki nanokristal magnetic kecil bernama magnetesome dalam tubuhnya. Magnetotactic bacteria merupakan kelompok bakteri yang mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan memanfaatkan medan magnet. Beberapa jenis bakteri ini memiliki flagella yang berfungsi sebagai pendorong.

Sifat kemagnetan yang dimiliki bakteri ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan magnet sintetik atau yang dibuat oleh manusia. Magnetosome dan senyawa yang terkandung di dalamnya masih terus diteliti dan diduga memiliki potensi yang besar untuk digunakan dalam bidang kesehatan.

Sumber artikel Scrib