Sistem reproduksi sangat rawan terhadap kelainan dan penyakit. Berikut ini akan dibahas penyakit pada sistem reproduksi manusia

1. AIDS

AIDS adalah kependekan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome. AIDS merupakan  penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immuno Deficiency Virus). HIV adalah  Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sedangkan AIDS merupakan suatu kondisi di mana HIV telah merusak sistem kekebalan tubuh seseorang dalam jangka waktu yang lama. Umumnya AIDS akan muncul setelah HIV menyerang sistem kekebalan tubuh lebih dari 5- 10 tahun.

Strukur HIV
Struktur HIV, Sumber Wikipedia

2. Gonorea (Kencing Nanah)

Gonorea merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini menyebar seluruh tubun sehingga menycbabkan rasa yeri pada sendi dan mengakibatkan kemandulan.

Bakteri Neisseria gonorrhoeae, Sumber Perdoski

3. Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Tanda-tanda penyakit ini adalah terjadinya luka pada alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir tetapi luka tersebut tidak menyebabkan sakit; pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian paha; nyeri pada tulang dan sendi; serta ruam pada tubuh, khususnya pada telapak kaki dan tangan.

Treponema pallidum

4. Herpes Genitalis

Herpes genitalis merupakan penyakit kelamin vang disebabkan oleh virus. Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah Herpes simpleks. Tanda-tanda penyakit ini adalah timbunya rasa gatal atau sakit pada daerah kelamin dan adanva luka vang terbuka atau lepuhan berair.

5. Tumor dan Kanker Payudara

Tumor payudara dapat bersifat jinak, yaitu hanya berupa benjolan kenyal yang dapat dihilangkan melalui operasi. Tumor payudara juga dapat bersifat ganas apabila sudah menjadi kanker payudara

6. Infertilitas Infertilitas adalah ketidakmampuan menghasilkan keturunan. Suatu pasangan suami-istri dikatakan infertil apabila setelah satu tahun menikah tanpa kontrasepsi tidak mendapatkan keturunan. Infertilitas dapat disebabkan dari pihak pria, wanita, atau keduanya.