LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Kelas: VIII
Mata Pelajaran: IPA (Fisika)
Materi: Pesawat Sederhana (Pengungkit)
Pertemuan ke-1

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan lembar kerja ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
  2. Menyebutkan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mengkategorikan jenis pengungkit di lingkungan sekitar.
  4. Menghitung keuntungan mekanis dari pengungkit sederhana.

B. Petunjuk Pengerjaan:

Baca dan pahami setiap langkah kegiatan dengan seksama.

  1. Diskusikan tugas bersama kelompok Anda dan catat hasil diskusinya.
  2. Gunakan buku teks, internet, atau sumber lain yang diberikan guru sebagai referensi.
  3. Presentasikan hasil diskusi dan perhitungan kelompok Anda di depan kelas.

C. Skenario Masalah:

Bayangkan kalian adalah tim teknisi di sebuah taman bermain. Kalian ditugaskan untuk memperbaiki jungkat-jungkit yang sulit dinaikkan karena salah satu sisi terlalu berat. Bagaimana kalian bisa menyelesaikan masalah ini menggunakan konsep pesawat sederhana?

Tugas Anda:

  1. Menyelidiki konsep pengungkit dan bagaimana pesawat sederhana ini bekerja.
  2. Mengkategorikan jenis pengungkit yang ada di skenario ini.
  3. Menghitung keuntungan mekanis dari jungkat-jungkit tersebut untuk menemukan solusi terbaik.

D. Langkah-Langkah Kegiatan:

  1. Pengertian Pesawat Sederhana:
    • Diskusikan dalam kelompok, apa yang dimaksud dengan pesawat sederhana.
    • Cari informasi dari buku teks atau sumber lain mengenai pengertian pesawat sederhana dan tuliskan hasil diskusi Anda di bawah ini:
    • Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
  1. Manfaat Pesawat Sederhana:
    • Diskusikan manfaat dari pesawat sederhana yang kalian ketahui. Coba hubungkan dengan contoh-contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
    • Tuliskan hasil diskusi Anda di bawah ini:
    • Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
  1. Kategori Pengungkit:
    • Setelah mengetahui jenis-jenis pengungkit (pengungkit jenis pertama, kedua, dan ketiga), tentukan jenis pengungkit yang digunakan dalam skenario (jungkat-jungkit di taman bermain).
    • Tuliskan jenis pengungkit tersebut dan jelaskan alasannya:
    • Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
  1. Menghitung Keuntungan Mekanis Pengungkit:
    • Gunakan rumus keuntungan mekanis pengungkit:
      Keuntungan Mekanis (KM)=Lengan Beban \ Lengan Kuasa
    • Misalkan panjang lengan beban dan lengan kuasa telah diukur:
      • Lengan Beban: …… meter
      • Lengan Kuasa: …… meter
    • Hitung keuntungan mekanis dari jungkat-jungkit tersebut dan tuliskan hasil perhitungan Anda:
    • Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
  1. Solusi Masalah:
    • Berdasarkan perhitungan keuntungan mekanis yang sudah dilakukan, diskusikan solusi terbaik untuk memperbaiki jungkat-jungkit tersebut agar lebih mudah dinaikkan.
    • Tuliskan solusi yang Anda usulkan:
    • Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………

E. Presentasi Kelompok:

Setelah selesai mendiskusikan dan menjawab pertanyaan di atas, siapkan presentasi singkat untuk memaparkan hasil diskusi kelompok Anda kepada kelas.


F. Refleksi Individu:

  1. Apa yang paling Anda pelajari dari kegiatan ini? Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
  2. Bagaimana Anda bisa menerapkan konsep pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari? Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………

Catatan: Diskusikan hasilnya dengan kelompok Anda dan persiapkan diri untuk presentasi di depan kelas. Pastikan semua anggota kelompok berpartisipasi dalam diskusi dan presentasi.