LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Kelas: VIII
Mata Pelajaran: IPA (Fisika)
Materi: Pesawat Sederhana (Pengungkit)
Pertemuan ke-1
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan lembar kerja ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
- Menyebutkan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengkategorikan jenis pengungkit di lingkungan sekitar.
- Menghitung keuntungan mekanis dari pengungkit sederhana.
B. Petunjuk Pengerjaan:
Baca dan pahami setiap langkah kegiatan dengan seksama.
- Diskusikan tugas bersama kelompok Anda dan catat hasil diskusinya.
- Gunakan buku teks, internet, atau sumber lain yang diberikan guru sebagai referensi.
- Presentasikan hasil diskusi dan perhitungan kelompok Anda di depan kelas.
C. Skenario Masalah:
Bayangkan kalian adalah tim teknisi di sebuah taman bermain. Kalian ditugaskan untuk memperbaiki jungkat-jungkit yang sulit dinaikkan karena salah satu sisi terlalu berat. Bagaimana kalian bisa menyelesaikan masalah ini menggunakan konsep pesawat sederhana?
Tugas Anda:
- Menyelidiki konsep pengungkit dan bagaimana pesawat sederhana ini bekerja.
- Mengkategorikan jenis pengungkit yang ada di skenario ini.
- Menghitung keuntungan mekanis dari jungkat-jungkit tersebut untuk menemukan solusi terbaik.
D. Langkah-Langkah Kegiatan:
- Pengertian Pesawat Sederhana:
- Diskusikan dalam kelompok, apa yang dimaksud dengan pesawat sederhana.
- Cari informasi dari buku teks atau sumber lain mengenai pengertian pesawat sederhana dan tuliskan hasil diskusi Anda di bawah ini:
- Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
- Manfaat Pesawat Sederhana:
- Diskusikan manfaat dari pesawat sederhana yang kalian ketahui. Coba hubungkan dengan contoh-contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
- Tuliskan hasil diskusi Anda di bawah ini:
- Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
- Kategori Pengungkit:
- Setelah mengetahui jenis-jenis pengungkit (pengungkit jenis pertama, kedua, dan ketiga), tentukan jenis pengungkit yang digunakan dalam skenario (jungkat-jungkit di taman bermain).
- Tuliskan jenis pengungkit tersebut dan jelaskan alasannya:
- Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
- Menghitung Keuntungan Mekanis Pengungkit:
- Gunakan rumus keuntungan mekanis pengungkit:
Keuntungan Mekanis (KM)=Lengan Beban \ Lengan Kuasa - Misalkan panjang lengan beban dan lengan kuasa telah diukur:
- Lengan Beban: …… meter
- Lengan Kuasa: …… meter
- Hitung keuntungan mekanis dari jungkat-jungkit tersebut dan tuliskan hasil perhitungan Anda:
- Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
- Gunakan rumus keuntungan mekanis pengungkit:
- Solusi Masalah:
- Berdasarkan perhitungan keuntungan mekanis yang sudah dilakukan, diskusikan solusi terbaik untuk memperbaiki jungkat-jungkit tersebut agar lebih mudah dinaikkan.
- Tuliskan solusi yang Anda usulkan:
- Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
E. Presentasi Kelompok:
Setelah selesai mendiskusikan dan menjawab pertanyaan di atas, siapkan presentasi singkat untuk memaparkan hasil diskusi kelompok Anda kepada kelas.
F. Refleksi Individu:
- Apa yang paling Anda pelajari dari kegiatan ini? Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana Anda bisa menerapkan konsep pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari? Jawaban: …………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………
Catatan: Diskusikan hasilnya dengan kelompok Anda dan persiapkan diri untuk presentasi di depan kelas. Pastikan semua anggota kelompok berpartisipasi dalam diskusi dan presentasi.